Rabu, 27 November 2013

Pengalaman Berdagang

Setelah beberapa kali sok-sokan berbisnis, sok berani buat nyoba, gw dapet pengalaman dan pelajaran. Sebenernya, pas masih kecil lagi jaman SD, gw sering jualan haha tapi kalo pas remaja gini paling pas kuliah sekarang aja. Ya paling sekarang bisnis rok, karena awalnya seneng aja buat belajar jahit, gak diniatkan untuk orientasi profit awalnya. Beberapa pelajaran yang bisa gw ambil dari pengalaman bisnis gw yaitu:
-Bisnis harus berani ngeluarin modal, dan berisiko modal itu gak balik lagi kalo rugi atau gak laku. Apalagi, biasanya bisnis itu high risk high profit, low risk low profit. Jadi kalo mau untung besar, ya harus mau menghadapi risiko yanh besar juga.
-Catat pengeluaran dan pemasukan dengan teliti. Jadi, arus kas pun jelas. Keuntungan akhir  pun dapat terlihat, tidak sekadar ekspektasi ataupun meraba-raba.
-Kalau siap iklan, siap juga dengan stok barang yang memadai. Apalagi, kalau mau memasarkan secara massal, harus siap juga agar tidak kekurangan barang dan dampak kenaikan penjualan karena iklan pun bisa lebih efektif.
-Patok harga yang wajar. Jika harga terlalu mahal atau dirasa mahal dibandingkan para pesaing, akan ada konsumen yang merasa dirugikan atau kapok untuk membeli produk dari kita lagi, karena merasa kurang terpercaya dan dibohongi. Kalo dalam eksyar, harga jual yang terlalu tinggi dan memanfaatkan ketidaktahuan konsumen akan harga wajar itu jelas dilarang dan hukumnya haram, karena mengambil harta orang lain secara bathil. Selain itu, harga jual yang terlalu tinggi akan mempengaruhi margin permintaan pasar.
-Beritahu cacat jika ada. Tentu agar konsumen tidak merasa dibohongi.
-Harus terus berinovasi agar tidak kalah dengan pesaing apalagi peniru.

Sekian sharing sotoy berdasarkan pengalaman gw. Haha :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar